News Update :
Home » , , » Artikel Definisi Auditing

Artikel Definisi Auditing

A.    KEBUTUHAN TERHADAP INFORMASI YANG DAPAT DIPERCAYA
1.      Tujuan informasi yang berbeda – beda.
Pengambil keputusan akan tergantung pada informasi yang diberikan oleh orang lain yang kemungkinan tidak sejalan dengan tujuan perusahaan dimana informasi ini cenderung menguntungkan pemberi informasi.
Contoh : Keputusan pemberian Kredit
2.      Banyaknya jumlah Data
Semakin besar organisasi maka semakin besar volume transaksi perdagangan dimana peningkatan ini memungkinkan terjadinya informasi yang tidak baik.
3.      Adanya transaksi perdagangan yang rumit
Meningkatnya transaski perdagangan yang rumit antara perusahan – perusahaan menyebabkan menjadi lebih sulit untuk memonitor informasi yang tidak baik.
B.     DEFINISI PEMERIKSAAN
Pemeriksaan adalah suatu proses yang terpadu mengenai pengumpulan dan penilaian bukti – bukti oleh orang yang ahli yang bebas mengenai informasi yang dinyatkan dengan angka  ( qualified information )  dari suatu kesatuan ekonomi tertentu dengan tujuan untuk menentukan dan melaporkan tingkat kesamaam antara informasi yang dinyatakan dengan angka dengan  kreteria tertentu.
C. PERBEDAAN ANTARA PEMERIKSAAN ( AUDITING ) DENGAN PENCATATAN ( ACCOUNTING )
Pemeriksaan (Auditing)
Pencatatan (Accounting)
Adalah proses memeriksa apakah data accounting yang tercatat dalam unit usaha itu menunjukkan secara wajar peristiwa – peristiwa  ekonomi yang terjadi pada periode accounting tersebut.
Adalah proses pencatatan , pengklasifikasian dan pengikhtisaran dari peristiwa ekonomi secara logis untuk memberikan informasi keuangan dalam pengambilan keputusan.

D.    JENIS – JENIS PEMERIKSAAN
Pada hakekatnya pemeriksaan itu dibedakan dalam berbagai jenis antara lain :
1.      Pemeriksaan terhadap Ikhtisar keuangan.( Audit of Financial Statement )
Pemeriksaan ini dimaksudkan untuk menentukan apakah ikhtisar keuangan secara keseluruhan yang dinyatkan sebagai informasi dalam angka disajikan sesuai dengan creteria tertentu  .
2.      Pemeriksaan ketaatan ( Compliance audit )
Pemeriksaan ini dilakukan untuk menentukan apakah prosedur – prosedur  dan peraturan – peraturan tertentu yang telah ditetapkan oleh pimpinan perusahaan ditaati sebagaimana mestinya.
3.      Pemeriksaan Operasi ( Operational audit )
Pemeriksaan ini merupkan suatu review atas suatu bagian dari prosedur dan methode operasi suatu organisasi untuk menilai effisiensi dan effektifitasnya.
E.     NORMA PEMERIKSAAN
Adapun norma – norma yang diakui oleh Ikatan Akuntansi Indonesia antara lain :
1.      Norma umum
Norma ini meliputi beberapa hal yakni :
a.       Pemeriksaan harus dilaksanakan oleh seorang atau beberapa orang yang ahli dalam bidangnya dan telah menjalani latihan tekhnis yang cukup.
b.      Dalam segala hal yang berhubungan dengan penugasan yang diberikan kepadanya seorang pemeriksa harus selalu senantiasa mempertahankan sikap mental independent.
c.       Dalam melaksanakan pemeriksaan dan penyusunan laporannya seorang pemeriksa wajib mempergunakan keahliannya secara profisionel .
2.      Norma pelaksaan pemeriksaan
Norma ini dapat dijabarkan  menjadi :
a.       Pemeriksaan harus direncanakan sebaik – baiknya dan jika digunakan asisten harus dipimpin dan diawasi dengan sebaik – baiknya.
b.      Pemeriksa harus mempunyai pemahaman yang memadai atas struktur pengendalian intern .
c.       Pemeriksa harus memperoleh bukti yang cukup memadai melalui sebuah pemeriksaan sebagai dasar yang layak untuk menyatakan pendapat atas laporan keuangan yang diperiksa.
3.      Norma Pelaporan
Didalam norma pelaporan ini ada bebrapa hal yang harus diperhatikan oleh pemeriksa antara lain :
a.       Pemeriksa dalam laporan pemeriksaan harus menyatkan bahwa laporan keuangan telah disusun sesuai dengan standard akuntansi keuangan.
b.      Pemeriksa dalam Laporannya Harus menyatakan apakah standard akuntansi dalam periode berjalan telah dilaksankan secara konsisten
c.       Pemeriksa dalam laporannya harus memberikan hasil  penjelasan secara informatif
d.      Pemeriksa dalam laporannya harus memuat pernyataan mengenai laporan keuangan secara keseluruhan.
Share this article :

Post a Comment

 
Contact Us | Privacy policy | Term of use | Site map
Copyright © 2011. Voith'Art . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger